Saturday, July 3, 2010

Critical Theory of Communication Approach to Organizations (Stanley Deetz): Sebuah Review

Disarikan dari E.M. Griffin's A First Look at Communication Theory Fifth Edition


Deetz telah membangun sebuah teori komunikasi kritis untuk mengeksplorasi cara-cara memastikan kesehatan keuangan perusahaan ketika keberagaman human interests (kepentingan), meningkat. Deetz memulainya dengan menunjukkan bahwa perusahaan telah menjadi bukan hanya institusi ekonomi tetapi juga politik. Ia menggunakan kemajuan dalam teori komunikasi untuk menemukan bagaimana praktik komunikasi dalam perusahaan dapat mempengaruhi pembuatan keputusan (decision making). Kemudian ia merangkum cara bagaimana perusahaan dapat menjadi lebih produktif dan demokratis melalui perbaikan komunikasi.

Kolonisasi Perusahaan dalam Kehidupan Sehari-Hari
Deetz memandang perusahaan-perusahaan multinasional―sebagai kekuatan dominan dalam masyarakat yang bahkan lebih kuat daripada nagara, atau keluarga dalam kemampuan mempengaruhi kehidupan individu. Ia meliahat bahwa laporan kontinyu dari Dow-Jones Industrial Average yang menekanakan pada ketiadaan indeks yang sama pada kesenian, healt care, atau kualitas lingkungan.

Ruang para eksekutif perusahaan menjadi tempat di mana hamper semua keputusan dibuat mengenai penggunaan sumber daya alam, pembangunan teknologi baru, ketersediaan produk, dan hubungan kerja. Menurut Deetz, perusahaan-perusahaan raksasa ini ‘control and colonize’ kehidupan modern dengan cara yang tidak pernah terpikirkan oleh pemerintah atau badan umum setelah era feodal berakhir. Namun kesalahan yang dibuat oleh kontrol perusahaan itu adalah bahwa terjadi penurunan kualitas hidup manusia pada sebagian besar warga.

Teori ini mengkritik asumsi sederhana bahwa ‘apa yang baik untuk General Motors baik pula bagi negara’. Lebih spesifik lagi, ia hendak menguji praktik komunikasi dalam organisasi yang meruntuhkan sepenuhnya representative decision making, yang kemudian mengurangi kualitas, inovasi, dan keadilan dalam kebijakan perusahaan.

Informasi Versus Komunikasi: A Difference that Makes A Difference
Deetz memulai analisisnya dengan menantang pandangan bahwa komunikasi adalah proses transmisi informasi. Bahwa ada seruan intuitif yang menyatakan bahwa kata-kata mengacu pada hal sesungguhnya; bahwa dengan menggunakan kata-kata yang tepat, kita dapat mengekspresikan rasa. Menurut Deetz, publik benar-benar ingin mempercayai realitas yang independen. Ia mengingatkan, selama kita massih menerima gagasan bahwa komunikasi adalah proses transmisi informasi, kita akan terus menghidupkan dominansi perusahaan di setiap aspek dalam hidup kita.

Menurut Deetz, bahasa tidak merepresentasikan hal-hal yang ada. Kenyataannya, bahasa merupakan bagian produksi hal yang kita perlakukan sebagai kenyataan diri dan alami dalam masyarakat. Para humanis mengatakan makna ada dalam diri orang yang menggunakannya, bukan pada kata-kata. Namun Deetz terus mempertanyakan pendangan representative bahasa dengan pertanyaan, “maknanya siapa yang ada dalam diri orang?” Ketika kita menerima bahwa bentuk organisasi terus diciptakan dan kembali diciptakan melalui bahasa, kita akan mengerti bahwa perusahaan-perusahaan raksasa tidak hanya memproduksi produk indistri, mereka juga memperoduksi makna.

Deertz menganggap komunikasi sebagai social construction of meaning yang berlangsung terus-menerus. Namun teori kritiknya mengacu pada pemikiran bahwa kekuasaan bertahan melalui semua bahasa dan komunikasi. Menurutnya, isu fundamental dari analisisnya adalah kontrol dan bagaimana kelompok yang berbeda dilibatkan dalam decision making. Ia menambahkan, karena indutrialisasi, para manager di perusahaan Amerika mengerjakan tugasnya dengan filosofi kontrol.

Strategy (Strategi)―Peralihan Managerial yang Jelas Menuju Kontrol yang Luas
Deetz menjelaskan bahwa masalahnya tidak terletak pada managers. Masalahnya adalah managerialism. Deetz mendeskripsikan managerialism sebagai wacana berdasarkan sejenis logika sistematis, seperangkat kegiatan rutin, dan ideologi, di mana kontrol nilai berada di atas segalanya. Ketika para pemegang saham menginginkan keuntungan dan pekerja menginginkan kebebasan, management begitu mengharapkan kontrol.

Orang-orang dengan kepentingan seperti ini mengambil keputusan dengan alasan, “because I am the boss”, atau kata-kata sejenis itu. Yang mereka pikirkan adalah uang dan bagaimana cara mendapatkannya. Dan uang ini lantas digunakan untuk mengontrol, bukan untuk menghargai efisiensi dan keuntungan.

Consent (Persetujuan)―Menghendaki Kesetiaan untuk Menyembunyikan Kontrol
Deetz yakin bahwa perusahaan sangat tidak beralasan dalam usaha mereka memperoleh keuntungan karena mereka tidak hanya menginginkan a fair day work for a fair day’s pay; mereka juga menginginkan cinta, penghargaan, dan kesetiaan. Management menginginkan kesetiaan kepada perusahaan di atas kesetiaan terhjadap teman, agama, dan komunitas. Melalui proses yang disebut Deetz consent inilah sebagian besar karyawan memberikan kesetiaan tanpa mendapatkan pengembalian yang cukup. Menurut Deetz, consent adalah sesuatu yang digunakan untuk mendesain variasi situasi dan proses di mana seseorang secara aktif, meski mereka tidak tahu, meraih kepentingan orang lain, sementara ia menyangka sedang berusaha memenuhi kepentingannya. Seseorang terlibat dalam proses menjadikan dirinya sendiri, korban.
Setiap perusahaantelah merancang seperangkat praktik yang dibuat sendiri. Dan menurut Geetz, praktik organisasional lebih kuat ketika seseorang tidak pernah memikirkannya. Ini akan selalu diterima sebagai taken-for-granted. Dan tanpa pemahaman yang jelas bahwa komunikasi lebih pada memproduksi bukannya merefleksikan realitas, para karyawan akan tetap setia pada managerial yang selalu ingin memperluas ontrol perusahaan.

Involment (Keterlibatan)―Free Expression of Ideas, but No Voice
Siapapun, yagn berpindah dari kotak kiri ke kotak kanan, telah mengalami perpindahanyangkrusial. Dalam politik, seperti perpindahan dari otoriter ke demokrasi. Dari keputusan managerial yang dibuat secara rahasia, menjadi proses terbuka di mana semua orang punya kesempatan mengekspresikan opini mereka.

Dalam perpolitikan nasional atau perusahaan negara, demokrasi yang sejati membutuhkan orang-orang yang dipengaruhi oleh keputusan forum di mana mereka bisa mendiskusiakn isuny adan punya suara (a voice) sebagai hasil akhir. Forum menyediakan kesempatan utnuk keterlibatan―mengekspresikan ide. Namun menurut Deetz, suara bukanhanya mengatakan sesuatu. Artinya, mengekspresikan kepentingan secara bebas dan terbuka dan juga punya hak bahwa kepentingan itu dipresentasikan dalam keputusan. Orang tidak akan punya suara jika mereka beranggapan bahwa komunikasi adalah transmisi informasi.

Dan setelah melakukan survey terhadap beberpa perusahaan, Deetz berkesimpulan bahwa hak untuk berekspresi itu lebih penting daripada hak untuk diinformasikan. Namun kenyataannya, para karyawan ini tidak melihat bahwa ide mereka tercermin dalam keputusan yang diambil. Dari situ mereka mulai bertanya, ‘lantas untuk apa kebebasan berekspresi?’ Deetz sendiri melihatnya sebagai sesuatu yang tragis. Ia menyatakan: “Kombinasi antara keyakinan dalam realitas dan sinisme itu bencana bagi demokrasi. Keyakinan bahwa klaim adalah opini, digunakan justru untuk menghentikan diskusi, bukan memulainya.

Participation (Partisipasi) ―Demokrasi Pemegang Saham Beraksi
Geetz percaya bahwa keterbukaan di tempat kerja, tidak mustahil untuk ada. Ia yakin bahwa demokrasi sejati mampu menciptakan warga Negara yang lebih baik dengan pilihan sosial yang lebih baik dan menyediakan keuntungan ekonomi yang penting. Salah satu tujuan dari teorinya adalah menyatakan kemungkinan negoisasi terbuka kekuasaan. Ia menyebutnya stakeholder democracy. Geetz melihat, sedikitnya ada enam kelompok stakeholders dengan kebutuhan dan keinginan yang berbeda, yaitu:

investors―menginginkan keamanan prinsipil dan pengembalian yang layak atas investasi yang telah merek berikan,
workers―ingin upah yang layak, kondisi kerj ayang aman, kesempatan untuk dihargai dalam tugas, keamanan karyawan, dan waktu untuk keluarga mereka,
consumers―ingin produk yang berkualitas dan layanan dengan harga yang fair,
supplier―ingin permintaan yang stabil untuk sumber daya yang mereka sediakan dengan pembayaran sesuai pengantaran,
host communities―ingin pembayaran untuk layanan yang disediakan, karyawan yang stabil, perawatan lingkungan, dan peningkatan kualitas keluarga dan taraf hidup masyarakat,
greater society and the world community―ingin perawatan lingkungan stabilitas ekonomi, kehidupan publik secara keseluruhan, perlakuan yang adil bagi semua kelompok.

Menurut Geetz, penting untuk memberikan kesempatan bagi segala pihak yang dipengaruhi oleh keputusan yang diambil perusahaan ini, untuk berbicara dalam proses pembuatan keputusan. Ia terus mengingatkan bahwa perusahaan tidak terbentuk secara alami, kita yang membentuknya.


1 comment:

  1. thank you for the review.
    it's really helpful. how about facework theories?

    ReplyDelete